American Coin


Persiapan penting yang tidak boleh lupa saat pergi ke luar negeri adalah persiapan uang cash. Kemana tujuan kita tentu mata uang yang digunakan adalah mata uang yang berlaku di daerah tujuan kita. Apalagi mata uang Indonesia, Rupiah, belum se-terkenal dollar Singapore atau bahkan dollar Amerika. Alih-alih bisa tidak diterima di negara tujuan wisata, atau diterima dengan harga kurs yang rendah, maka saya biasanya sudah menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang yang berlaku di negara yang saya kunjungi.

Tiap-tiap orang berbeda-beda melakukan persiapan yang berhubungan mengenai hal ini. Ada yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dengan menukarkan di bank atau money changer, sehari sebelumnya atau bahkan di airport keberangkatan dan kedatangan yang menyediakan penukaran uang.

Biasanya pecahan yang tersedia pun adalah pecahan besar, sepanjang pengalaman saya melakukan penukaran uang, belum pernah menemukan penukaran pecahan uang kecil atau bahkan koin. Koin-koin yang saya dapat semua berasal dari hasil uang kembalian. Agak risih memang, selembar uang kertas pecahan besar saat digunakan untuk bertransaksi berubah menjadi beberapa lembar pecahan kecil dan beberapa koin. Kebetulan saya kurang suka jika menyimpan banyak koin sisa bertransaksi. Agak berat di dompet saya.

Pengalaman menarik selama 16 hari di New York masih belum membuat saya cerdas dalam menggunakan koin Amerika ini. Kebetulan juga saya tidak ada persiapan sebelumnya akan pengenalan koin Amrika ini. hahaha… malas memang akar kebodohan.

Cent

 

Berikut saya coba membagikan sedikit saya pelajari selama perjalanan 16 hari di sana….

  • Penyebutan $ (baca : dollar) kadang disebut dengan istilah buck
  • Beberapa istilah untuk koin yang digunakan antara lain Penny, Nickel, Dime, Quarter, Half Dollar, Golden Dollar
  • Penny = cent = one cent
  • Nickel = 5 cents
  • Dime = 10 cents
  • Quarter = 25 cents
  • Half Dollar = 50 cents
  • Golden Dollar = 1$ (baca : satu dollar)

Quarter

Quarter

Quarter  adalah koin multi manfaat, selain sebagai mata uang juga banyak mesin yang dioperasikan menggunakan koin Quarter  ini, seperti mesin cuci/pengering, mesin permen, troli di bandara dan mesin parkir hanya menggunakan Quarter.

Berhubung hari ini agak sibuk, besok saya sambung lagi berikut sedikit penjelasannya saat penggunaannya yaaa…

 

 

To be continued….

 

Love,

kei

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: