Nama di Paspor


Ada yang bilang “apalah arti sebuah nama” malah terkadang nama yang sudah diberikan orang tua kepada kita saja masih sering kita ganti semaunya dengan membuat nama panggilan sendiri. Entah karena kita tidak suka dengan nama pemberian orang tua tersebut atau lebih mudah dalam memanggil kita, atau apapun alasannya, masih ada saja dari kita yang tidak menggunakan nama asli karena berbagai alasan yang berbeda-beda.

Saya masih ingat sewaktu SD-SMP saya lebih suka dipanggil teman-teman saya dengan nama “selon” hahaha… jadi teringat sebab musabab saya menggunakan nama tersebut hahaha… Nama panggilan saya tersebut hanya bertahan sampai saya SMP saja karena semasa SMA saya bersekolah di SMEA yang 99% muridnya perempuan jadi saya kurang bergaul, bermain dengan perempuan agak merepotkan menurut saya, tidak “selon” seperti bermain dengan teman pria hahaha…

Seiring dengan perjalanan waktu akhirnya saya dikenal dengan nama “kei.” Simpel dan saya sangat menyukainya. Bahkan orangtua sudah terbiasa dengan nama tersebut dan akhirnya saya pun menyadari satu hal… untuk hal tertentu, nama sangat penting. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Dimulai dari akta lahir sampai ijazah, bahkan di Kartu Tanda Penduduk (KTP) pun saya tidak pernah mencantumkan marga. Sekali waktu saya mencantumkan marga, semua dokumen ikut berubah. Sangat merepotkan!!! Itu pasti, tapi mau bagaimana lagi, saya mau marga saya tercantum dalam kartu identitas saya yaa akhirnya saya harus terima merepotkan diri dengan urusan nama ini.

Dokumen akta lahir dan beberapa ijazah mulai Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai universitas dan beberapa sertifikat lainnya tidak mungkin saya ubah karena akan sangat menyita waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit sehingga saya putuskan tidak merubahnya. Yang mungkin saya ubah adalah Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menjadi identitas resmi saya sehari-hari.

Sebelum perubahan nama karena penambahan nama marga saya, paspor pertama saya terdiri dari 3 (tiga) suku kata, dengan nama Kei Shinta Romauli. Dalam penggunaannya, pada saat saya bepergian ke luar negeri saya hanya menggunakan nama depan dan nama belakang sehingga nama saya menjadi Kei Romauli.

Pada saat KTP merubah maka beberapa dokumen juga berubah termasuk dokumen paspor saya. Kebetulan paspor saya juga sudah habis masa berlakunya jadi saya urus sekalian perubahan nama karena penambahan nama marga tersebut. Nama paspor saya yang sebelumnya terdiri dari 3 (tiga) suku kata berubah menjadi 4 (empat) suku kata, dengan nama Kei Shinta Romauli Marpaung.

Penulisan 3 (tiga) suku kata nama saya di halaman 2 (hal.2) paspor tersebut tetap sama dengan paspor lama saya yang sebelumnya. Penulisan suku kata ke empat, yaitu marga saya dikategorikan ke dalam penambahan nama dan penambahan nama tersebut terletak di halaman 4 (hal. 4) paspor. Dalam penggunaannya, pada saat saya bepergian ke luar negeri saya hanya menggunakan nama depan dan nama belakang sehingga nama saya menjadi Kei Marpaung.

Pada saat saya ke United State tepatnya ke New York, US, tiket penerbangan saya terdaftar dengan nama Kei Marpaung. Tidak ada masalah sama sekali, pihak imigrasi bandara, JFK airport tidak mempertanyakan sama sekali. Mungkin pihak imigrasi selain melihat hal. 2 paspor saya juga melihat hal. 4 paspor saya.

Tapi pernah juga satu kali saya ke Singapore dengan menggunakan nama Kei Romauli juga tidak ada masalah. Perkiraan saya, nama saya di hal. 2 paspor saja yang diperhatikan pihak imigrasi.

Bagaimana dengan pengalaman pembaca yang lain??

Love,

kei

Advertisements

34 Responses to “Nama di Paspor”

  1. Biasanya yg bermasalah klo 1 nama aja ya 😀 .
    Kei ntar klo kau nikah nambah 1 nama lagi ya total jadi 5 nama 😀 .

    Like

  2. Saya baru melakukan perpanjangan paspor, dimana ditambahkan nama tengah pada bagian endorsment (halaman 4). Dalam pengurusan VISA, maka yang harus diisi pad form aplikasi VISA apakah nama lengkap sesuai endorment atau tetap di halaman depan (dimana nama belum lengkap) ? Apakah hal sama harus dilakukan juga saat booking tiket ? Horas !!!

    Like

    • Horas Ito Jun!! Sejak penambahan nama marga saya, untuk semua pengurusan dokumen entah itu visa, tiket penerbangan, tiket hotel, tiket wisata dll dsb saya menggunakan nama lengkap saya (nama marga disebut lbh dulu baru nama depan saya) dan sepertinya saat ada pemeriksaan pihak yang terkait langsung ngeh’ dan mengecek hal 4. Semoga penjelasan saya cukup bermanfaat yaa. Horas!!!

      Like

  3. mau tanya soal perbedaan nama di tiket dengan di passpor. Nama di tiket pada saat diisue marganya di singkat. namun di passpor marga itu dipanjangin. saya berencana travel ke singapur. misalnya nama saya maria delviana B di tiket. namun di passpor B dipanjangin menjadi barimbing. apakah nanti itu akan jadi masalah?
    tengkiu ya buat jawabannya.

    Like

    • Hai Maria,
      Sepertinya tdk akan ada masalah yaa, kalau kita jelaskan kondisi tsb ke mrk. Tapi utk yg selanjutnya lebih baik ditulis lengkap yaa Maria biar kita ga usah was-was lagi dikemudian hari.
      Salam hangat -kei-

      Like

  4. hallo,

    maaf saya mau bertanya..apa bisa mengunjungi newyork dari eropa dengan mengunakan resident permitnya eropa,atau harus mengurus visa di indonesia?minta Saran dan masukannya..saya mau berlibur kenewyork tapi masih Belum yakin sama visa or surat2 nya gitu..

    terimakasih banyak ya

    Salam

    theo

    Like

    • Hai Theo, apa kbr?
      Menurut saya kalau kamu sudah punya permit eropa yaa visanya bisa diurus di eropa juga, tidak usah ke Indonesia. Coba cari tahu ke kedutaan besar Amerika yang ada di eropa wilayah posisi kamu sekarang.
      Semoga jawaban saya membantu yaa.
      Salam hangat -kei-

      Like

  5. hallo kei,

    terimakasih Atas balasannya.tp lebih Mudah dari eropa atau indonesia ya Untuk holiday ke New York?kira2 diimigrasinya sana di Tanya bermacam2 gak?thankyou kei

    salam

    Like

    • Hai Theo,
      Saran saya mending di Eropa aja yaa, jadi km ga usah ke Indonesia dulu, kalau syarat (mungkin) sama saja yaa. Selama saya urus visa pertanyaan kedubes msh normal, mungkin krn saya urus visa turis dan modal sendiri yaa, jadi ga butuh dokumen yg penunjang lain seperti visa kunjungan atau biaya yg ditanggung orang lain. Semoga membantu yaa. GBU bro…

      Like

  6. Apakah bermasalah apabila di paspor hanya satu kata nama klo pergi ke singapore ? Soalnya nama saya cuma satu kata aja.

    Like

    • Hai Yulia…
      Pengalaman beberapa teman saya jika hanya memiliki satu nama yang tertera di paspor tidak ada masalah sama sekali. Untuk pemesanan tiket biasanya mereka mengakalinya dengan menuliskan dua kali sehingga nama yang hanya satu suku kata itu menjadi dua suku kata.

      Semoga jawaban saya membantu yaa…

      Salam kenal -kei-

      Like

  7. […] Bisa dua-duanya. Sepertinya keduanya bisa berlaku. Ini menurut pengalaman nyata teman saya sendiri yang pernah pesan tiket dengan kedua versi nama, dan juga menurut postingan ini. […]

    Like

  8. Erlita Pramitasari Says:

    Hay Kei,

    Paspor saya halaman depannya 2 suku kata kemudian pas umroh ngurus penambahan nama di halaman 4 jd 3 suku kata. Kemarin baru saja book tiket pesawat buat berangkat ke Singapore make yg 2 suku kata karena kelupaan pernah nambah nama. Itu beneran tidak bermasalah pada saat check in di bandara dan di imigrasi?
    Kebetulan untuk tiket pulangnya saya belum book tiket pesawat, minta saran sebaiknya saya pakai yang 3 suku kata atau 2 suku kata ya?

    Terima kasih atas sharingnya..

    Like

    • Hai Erlita…. Salam kenal…
      Pengalaman saya waktu naik Qatar Airways ke US dan pulangnya, para petugas tidak ngehh… Terutama waktu pulang dari US ke Jakarta, pas di tiket baru tertulis Ms. (Nama terakhir yg ada di halaman 4) (Nama pertama di halaman 1) baru dia ngehh dan tanya balik dari mana asal nama terakhir yg ada di halaman 4. Aku jawab aja supaya lihat halaman 4.

      Jadi intinya adalah: pihak imigrasi jarang ngecek halaman 4, terutama kalau tiket yg di order sudah memakai nama halaman 1. Begitu kita memakai nama di halaman 4, dia biasanya kaget dan ada 2 reaksi: liat sendiri di halaman 4, atau nanya langsung ke kita yg ujung2nya lihat juga di halaman 4. (Ini pendapat saya berdasar pengalaman)

      Saran saya utk tiket pulang cantumkan aja nama yg di halaman 4 yaaa.

      Semoga jawaban saya membantu yaa…

      Salam kenal yaa Erlita dan sukses umrohnya. Amin.

      Love,
      Kei

      Like

  9. Hay Kei,

    Paspor saya halaman depannya 2 suku kata kemudian pas umroh ngurus penambahan nama di halaman 4 jd 3 suku kata. Kemarin baru saja book tiket pesawat buat berangkat ke Singapore make yg 2 suku kata karena kelupaan pernah nambah nama. Itu beneran tidak bermasalah pada saat check in di bandara dan di imigrasi?
    Kebetulan untuk tiket pulangnya saya belum book tiket pesawat, minta saran sebaiknya saya pakai yang 3 suku kata atau 2 suku kata ya?

    Terima kasih atas sharingnya..

    Like

  10. Prima Uli Says:

    Mau tanya dong tentang visa amerika. Di paspor nama saya tertera”Prima Ampu Uli”
    Di formulir Ds-160 nama,saya tercetak “Prima Ampu Uli, fnu” dan di lembar appointment confirmation schedule tertera “Uli, Prima Ampu”. Masalah engga ya nanti pas dateng wawancara di Embassy?

    Like

    • Hai Prima…
      Yg bikin tercetak ada fnu-nya siapa? Kalau otomatis tercetak sendiri yaaa kamu yg seharusnya nanya kedubes US knp bs gt?

      Kalau km yg bikin fnu-nya kamu, klarifikasi aja pas wawancara ada kesalahan teknis sehingga bisa begitu..

      Kedubes ga kaku2 amat kok…
      Yg penting menjelaskan dgn masuk akal/logis mrk juga maklum.

      Semangat yaa wawancaranya n salam kenal.

      Love,
      Kei

      Like

  11. Dear Kei,

    Pas bgt aku nemu postingan ini karena barusan aja aku ngalamin hal kayak gini. Thank God.

    Hari ini aku book tiket ke AMS pakai nama yg tercantum di halaman 1. Berhubung namaku ada 6 suku kata (panjang bgt ya! hahaha), di paspor ku ada endorsement di hal 4 dengan nama lengkap ku yang super panjang. Tapi setiap aku ke luar negri, aku pesen tiket selalu pake nama yg tertulis di hal 1.

    Pengecualian waktu pergi ke US, nama yang tertera di visa adalah nama lengkap ku yg 6 suku kata itu.

    Nah, pada saat aku mau apply visa schengen nama yang ditulis di form harus nama yang di hal 1 apa nama lengkap seperti hal 4? sempet khawatir nanti akan jadi masalah waktu urus visa schengen karena beda dgn nama di tiket, ataupun nanti jadi masalah di imigrasi amsterdam 😦

    Kindly answer my question. Resah bgt nih daritadi hahaha 😀

    Like

    • Hai Nike….

      Saran utk masalah kamu ya:
      1. Tiket ke AMS baru book atau sdh bayar? Kalau sdh bayar dan pakai 1 nama yaa apa boleh buat.. Paling kalau memungkinkan kasi NOTICE nama 6 suku kata sama kantor perwakilan maskapai aja, biar nanti ga masalah wkt berangkatnya.

      2. Utk urus visa Schengen LEBIH BAIK 6 suku kata, krn seharusnya pihak kedutaan tanpa kita minta harus lihat hal 4 say, karyawan kedutaan US standarisasi kinerja SDM-nya sdh diakui berarti hehehehhe.
      Kalau km tulis 6 suku kata pasti si pihak kedutaan langsung LIRIK hal 4 😊

      Demikian. Semoga saran saya bisa jadi solusi yaa..
      Sukses utk proses visa Schengen-nya n salam kenal.

      Love -Kei-

      Like

  12. Thanks for the reply, kei..

    Jadi waktu mau apply visa pakai nama yg 6 kata yahh.

    Nah, kalau misalnya tetep nekat apply pake nama yang di hal 1 (yang cuma 4 kata) apakah nantinya akan jd masalah? soalnya tiket udah kebayar dan itu non-refundable, makanya takutnya kalo mau urus nambah nama di tiket malah yang ada tiket nya jd hangus apa gimana gitu. aku sempet telfon nanya tentang perubahan nama tiket, dan policy dari mereka kalo mau merubah nama palingan ya rubah atau tambah huruf aja. FYI aku pake local airline no.1 di Indonesia itu loh 😀

    Dan misalkan aku apply visa pake nama yang 6 kata itu jadinya beda sama nama di tiket pesawat kan. trus amit2 kalo pihak airline bersikeras gak mau tambah nama belakangku di tiket kan nantinya jadi ribet 😦

    Btw, nama kita yang tercantum di hal depan itu kalo dipikir secara logis itu kan yang jadi bukti utama identitas seseorang kalo bepergian ke luar negri kan? Dan yang ada di hal 4 itu (“penambahan nama/full name of the bearer”) itu hanyalah some sort of catatan tambahan. jadi kalau aku tetep apply visa pake 4 nama yang ada di hal 1 mestinya gak apa2 (mencoba hibur diri sendiri sih ini biar gak panik2 amat. LOL.). any thoughts on this?

    Maaf yah banyak nanya hehehehe…

    Like

    • Hahahaha… Pengalaman aku naik Qatar Airways aku GA BILANG RUBAH NAMA tapi pake alasan kepanjangan namanya mangkanya ada tambahan nama di hal 4. Aku kasi alasan begitu pihak maskapai Qatar bilang gpp dan bisa menerima dan aku minta di NOTICE oleh pihak maskapai langsung di data tiket aku yg ada di komputer mrk supaya di bandara nanti tdk ada masalah.

      Terus….pas di bandara aku pakai nama depan hal 1 dan nama belakang hal 4, mereka ga ada tanya lagi ke aku tapi langsung buka paspor, meski pas pertama baca tiket aku pihak maskapai pas DETIK PERTAMA sempat ehhhhhhh….oooooooo OK! (Kadang aku langsung nyerocos menjelaskan meski ga diminta) hehehehe

      Terus utk visa aku sok mastiin ke kedubesnya make nama hal 4, demi kepastian masa depan dan biar ga bingung lg ke depannya (pemaksaan memakai nama hal 4) hahaahaa….

      Semoga jawaban aku membantu yaa say….

      -Kei-

      Like

  13. aaah okay understood…

    aku coba infoin ini ke GA dulu deh ya let’s see kata mereka apa. thanks a lot for answering my questions 🙂 🙂

    Like

  14. Hi sy ada ganti nama didokumen dari Maisarah jadi Sarah Maisa tp pasport masih pakai nama yang lama. Rencana nama di pasport mo sy ganti juga pas setahun lagi masa valid passport sy habis. Pertanyaannya kalau pergi keluar gt nanti di imigrasi ditanya ga yah kenapa ganti nama ? Sy agak deg2an klo masuk negara yg pernah dikunjungi dgn nama lama. Thx infonya

    Like

    • Hai.. Mesa… Keren juga bisa ganti nama yaa?
      Kalau dokumen pendukung semua lengkap seharusnya tidak ada masalah di imigrasi yaa..
      Yang penting tenang dan nyaman aja kalau di imigrasi 😊

      Salam kenal yaa -kei-

      Like

  15. Salam kenal Kakak Kei,,
    Mo minta saran dong. Saya baru pertama kali ngurus Visa Schengen, saya bingung mengisi kolom 3 (utk first name, given name).
    Nama saya terdiri dari 2 kata krn brencana melakukan umrah akhirnya saya endors menjadi 3 kata (dengan mencantumkan nama ayah dibelakang nama saya).
    Dalam pngisian form Visa Online, saya hnya mencantumkan nama depan pada kolom 3. Stlah aplikasi saya di approve, saya temukan nama saya menjadi 2 kata: nama depan dan nama ayah. Saya jadi ketar-ketir krn nama saya tdk ssuai dg Passport ataupun nama endorsnya.
    Bagaimana itu ya, apakah saya hrus melakukan perbaikan dg menghubungi pihak kedubes terkait atau nama tsb tidak mjadi masalah.
    Terima kasih.

    Like

    • Hai Vanna…
      Jadi bgmn?? Nama kamu di paspor ada 3 nama kah??
      Terus dokumen paspor 3 nama juga dilampirkan atau tdk PD saat mengurus visa??
      Visa sdh jadi atau blm??

      Saran saya segera hubungi kedutaan yaa..
      Thanks -Kei-

      Like

  16. Oscar Tambunan Says:

    Halo Kei,
    Saya beli tiket GA tujuan London dengan nama saya pakai marga, tapi nama di paspor saya tidak pakai marga (system GA sptnya baca nama di profile GFF bukan nama yg saya input saat pemesanan). Apakah kira2 akan bermasalah pada saat di bandara nanti, baik di Jakarta maupun London?
    Saya tanya ke GA, dijawab standar sih, nama harus sama dan tiket tidak bisa ganti nama. Jadi harus beli tiketnya lagi (refund dulu dgn biaya USD100).

    Mohon masukannya.

    Terima kasih

    Like

    • Halo Ito Oscar Tambunan, biasanya siii ada masalah kalau nama beda tapi telpon ke bagian tiket minta dinotifikasikan nama lengkapnya aja, kasi alasan krn ada 3 (tiga) suku kata, padahal nama lengkapnya 3 suku kata. Biasanya sii bisa yaa..
      Jadi pas ada pertanyaan, dia mendengarkan jawaban kita sambil baca notifikasi di tiket kita yg SUDAH DIUPDATE di sistem komputer tiketing mereka.

      Semoga membantu yaa dan salam kenal yaa Ito.

      -kei-

      Like

  17. Kaka nama belakang kita hampir sama.. nama aku nova rosmauli pada akte.. tapi pada ktp jadi Nova Rosmauli BR Sinaga .. aku rencana akan urus paspor tahun depan.. apa itu bermasalah ka kalau nama aku kepanjangan? Nantinya akan jadi Nova Sinaga atau tetap jadi Nova Rosmauli?

    Like

    • Hai Nova Rosmauli, apa kbr?
      Aku sama kaya kamu, tapi aku paksakan sesuai KTP aja dan kasi alasan bahwa nama orangtua kita yang dicantumkan marganya di akta lahir.

      Btw, kalau kamu cantumkan 3 (tiga) suku kata juga blm kepanjangan kok. Kalau ga salah bukan dilihat dari jumlah suku kata tapi total karakter yg tersedia yaa.
      Aku 4 (empat) suku kata dan sudah melebihi karakter jadi marga aku dibikin di halaman 4 dan karena paspor ini perpanjangan dari yg sebelumnya 3 (tiga) suku kata yaa hanya TETAP tiga suku kata yg dicantumkan, marga di halaman 4 sebagai tambahan nama.

      Semoga jawaban saya membantu yaa. Salam kenal

      Love,
      -kei-

      Like

  18. Saya mau tanya bagaimana jika permasalahan saya dilihat dari sisi Imigrasi, saya membeli Tiket JKT-Singapore & KL-JKT

    nama Ibu saya sesuai KTP & Ijazah DINA MARIA, tetapi karena rujukan dari Pegawai Imigrasi Tangerang jika sekalian agar paspornya bisa untuk perjalanan umrah/Arab, namanya harus 3 suku kata, pada akhirnya ditambahkan DINA MARIA KURNIAWAN, tapi kami telah beli Tiket dan di tiket tertulis nama MARIA/DINA saja tidak ada KURNIAWANNYAnya, apakah nantinya akan dipermasalahkan saat pengecekan di Imigrasi Bandara?

    lalu, nama ayah saya sesuai KTP & Ijazah adalah R. MOCH. WASKITO, tetapi karena rujukan pihak Imigrasi Tangerang, bahwa nama tidak boleh disingkat di dalam paspor, sehingga tertera di paspor ayah saya RADEN MOCH WASKITO, tetapi di tiket tertera WASKITO/MOCHR…..R nya tidak ditulis panjang di Tiket tersebut, apakah nantinya akan dipermasalahkan saat pengecekan di Imigrasi Bandara?

    Like

    • Hai Rens…apa kbr?
      Saya jawab yg mudah dulu yaa, untuk Ayah mungkin tidak ada masalah, cukup dibantu dengan penjelasan saja yg lengkap sehingga tdk ada masalah di bandara.
      Untuk Ibu, mmmmm… sebenarnya kalau bisa menjelaskan pasti tidak ada masalah, tapi kalau saya jadi petugas imigrasi akan bertanya dari mana muncul nama KURNIAWAN dan harus dijelaskan secara jelas supaya pertanyaannya terjawab dan ga mengundang pertanya lain lagi.

      Semoga jawaban aku membantu yaa.

      Salam kenal
      -kei-

      Like

  19. Hai kei,

    Ada 3 pertanyaan mohon bantuannya ya..
    1. Jika nama saya yang tercantum di paspor: Bryna Christy Wijaya, namun di tiket (maskapai Garuda) tercantum: Bryna Christy apakah akan dipermasalahkan? Tiket ini untuk penerbangan jakarta-tokyo.
    2. Pada tahap apa kesesuaian nama tersebut mungkin dipermasalahkan? Apakah kalau saya sudah mendapat visa jepang semua menjadi aman?
    3. Kebetulan Desember ini paspor saya habis masa berlaku, saya bermaksud akan perpanjang menjadi e-passport (yang berarti bebas visa). Apakah dengan memiliki stiker bebas visa jepang saya tidak perlu khawatir lagi mengenai perbedaan last name paspor dan tiket saya?
    Mohon pencerahannya ya..

    Like

    • Hai Bryna, salam kenal…
      1. Pengalaman saya naik Garuda biasanya ga akan ada masalah tapi saya harus konfirmasi ke bagian tiketing maskapai dan dibuat notifikasi di sistem tiketing komputer website mereka, sehingga pada saat mereka bertanya kita bisa jelaskan dan sudah ada notifikasi di komputer mereka dan sesuai dgn penjelasan jawaban kita

      Untuk visa saran saya lakukan seperti pada bagian tiketing tapi kalau ternyata harus diminta urus visa baru yaa lebih baik urus visa baru daripada ada masalah, toh prosesnya lebih mudah kok, krn kesalahan nama aja. Dan kalau sudah diurus visa baru lebih baik bikin nama lengkap aja biar ga da masalah dikemudian hari.

      Semoga jawaban saya cukup membantu.

      Salam kenal,
      -kei-

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: