Dukung Indonesia #BebasSampah2020 kami siap menampung semua plastik jenis PET


Saya beruntung sekali bisa bergabung dengan PT. HARVESTINDO INTERNATIONAL. Sebuah pertemuan yang tidak disengaja, bahkan bisa dibilang sebagai keterpaksaan. Ya….saya terpaksa menerima ajakan petugas Depnaker yang saya mintakan tolong untuk memberikan informasi lowongan pekerjaan di luar negeri. Rayuan maut sang petugas Depnaker yang mengatakan: “hitung-hitung latihan bahasa Inggris karena ini kan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). Jadi pas kerja di luar negeri bahasa Inggris kamu sudah lancar.”
Akhirnya, 1 Maret 2008, aku mulai bekerja di Kampung Picung RT 03 RW 05 Pasar Kemis, Tangerang 15560, sebagai Purchasing untuk bahan baku lokal dengan gaji Rp 800.000 (delapan ratus ribu rupiah).

Ternyata…sejak aku bergabung dengan PT. HARVESTINDO International ada banyak ilmu baru yang kudapat, terutama mengenai plastik berjenis PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate).   

Plastik jenis PETE atau PET, biasa digunakan untuk wadah makanan atau minuman yang bisa didaur ulang dan perusahaan di tempatku bekerja sekarang ini mendaur ulang PETE atau PET menjadi PSF (Polyester Staple Fiber).


PSF (Polyester Staple Fiber) ini merupakan bahan baku yang diperlukan oleh perusahaan seperti Hilon, Home Centre, Index atau yang lainnya yang digunakan untuk memproduksi bantal, sofa, matras, karpet, permadani, isi boneka atau produk-produk rumah tangga lainnya.

Sebagai seorang Purchasing untuk bahan baku lokal, maka sudah menjadi kewajiban ku membeli bahan baku dari pasar Indonesia (lokal) untuk memenuhi kebutuhan bahan baku perusahaan tempatku bekerja selama ini.

Kebutuhan bahan baku perusahaan saya sekitar 15.000 – 20.000 ton/bulan. Kebutuhan itu sangat besar sehingga Pimpinan di tempat aku bekerja sengaja “mengimpor sampah” demi memenuhi kebutuhan bahan baku perusahaan kami. Melihat hal ini, tentu sangat disayangkan bukan? Dengan mengimpor sampah negara lain berarti kita ikut sibuk membantu membersihkan sampah di negara lain. Sementara sampah di dalam negeri kita sendiri?? Bukankah lebih baik jika kita sibuk mensukeskan program Indonesia #BebasSampah2020 ini demi anak cucu kita nantinya bukan???

Poin berikutnya adalah penggunaan Dollar akibat impor yang tinggi, sementara rupiah kita terus anjlok terhadap Dollar. Bukankah lebih baik mendatangkan Dollar dengan menaikkan melakukan ekspor??

Bayangkan saja jika semua sampah yang ada di Indonesia di-recycle menjadi produk jadi yang akhirnya di ekspor ke luar negeri. Neraca perdagangan jelas LEBIH SEHAT jika angka ekspor lebih tinggi daripada angka impor bukan???

Dampak tidak langsung demi kemajuan bangsa Indonesia dan program Indonesia #BebasSampah2020 bisa terwujud. Dengan bekerja di pabrik ini secara tidak langsung saya sudah memberikan kontribusi untuk Indonesia juga secara tidak langsung, that’s why I love My Work.

White Press Bottle

 Jadi.. Jika ada yang berminat menjual sampah PET, segera hubungi saya yaa.

Dengan cinta,

Kei Shinta

Advertisements

One Response to “Dukung Indonesia #BebasSampah2020 kami siap menampung semua plastik jenis PET”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: