Remove Stuck Sim Card iPhone 5s


Kejadian ini diawali pada hari Sabtu, 1 Maret 2014 saat saya menonton Java Jazz Festival 2014. Begitu tiba di memasuki kawasan stage-stage yang ada di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran ternyata provider saya lemah sinyal alias no network. Ampun…. Entah pengacakan sinyal atau apapun itu namanya intinya komunikasi saya terputus karena masalah no network ini.

Akhirnya…tanpa hilang akal saya beli saja kartu perdana yang juga adalah salah satu sponsor acara Java Jazz Festival 2014. Gadget yang saya gunakan adalah iPhone 5s yang saya beli waktu saya ke New York Nopember lalu sehingga saya meminta jenis kartu nano sim card. Ternyata… mereka tidak menjual nano sim card ataupun micro sim card, yang mereka jual hanya sim card biasa yang menurut penjelasan mereka bisa dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.

Sebenarnya saya agak kurang sreg karena saya selalu beli kartu yang sudah terpotong sesuai ukuran seperti pada waktu saya memiliki iPhone 4s saya membeli micro sim card yang memang sudah dalam ukuran micro sim card dan bahkan pada iPhone 5s ini juga saya membeli kartu perdana yang sudah dalam ukuran nano sim card.

Alasan saya yaaa pasti ada sebabnya pihak provider tetap mencetak sim card sesuai dengan kebutuhan, entah itu dari ukuran size atau ketebalan saya kurang mengerti tapi menurut pendapat saya yang sudah memegang jenis sim card biasa, micro maupun nano memang ada perbedaan secara ukuran dan ketebalan — terlepas benar atau tidak — karena saya awam sekali mengenai hal ini.

Tapi… berhubung kepepet dan perlu berkomunikasi akhirnya saya setuju juga membeli sim card biasa yang dipotong menjadi ukuran nano sim card. Sim card ini pun akhirnya masuk ke dalam iPhone 5s saya.

Awalnya… sim card ini tidak terbaca oleh iPhone saya, entah mengapa… lalu.. saya pikir mungkin karena kurang pas jadi saya berniat mengeluarkan sim card tersebut… dan masalah pun terjadi…..

Sim card macet. Susah ditarik. Alias tidak mau keluar.

Berusaha tenang dan tidak panik saya tidak menarik atau memaksakan sim card HARUS keluar tapi saat kartu sudah mentok tidak bisa keluar/terbuka saya coba “pas-kan” posisi dan dorong dengan sedikit bertenaga (agak ke dalam) dengan harapan kartu perdana baru itu bisa terbaca iPhone 5s saya dan…. AKHIRNYA… BERHASIL !!!

Sim card saya akhirnya terbaca iphone 5s saya, meski masalah lain yaitu sim card tidak bisa dikeluarkan belum ada solusinya.

Setelah membayar tagihan ke penjual perdana sim card Β itu, saya tidak mau merusak mood awal saya yang sedang bagus dan mencoba tetap tenang sembari menikmati suguhan performa musisi-musisi per stage yang ada di Java Jazz Festival 2014 dengan harapan saat pulang ke rumah sim card ini bisa dibuka keluar.

Tiba di rumah… pukul 3:30 pagi hari Minggu…

Buru-buru saya mencoba lagi membuka tempat sim card tersebut. Ternyata……. tetap…. TIDAK BERHASIL !!!

Kepanikan sudah melanda. Bingung!! Pikir saya, iPhone 5s saya masih garansi Apple sampai Oktober 2015 nanti. Kalau di buka di Indonesia takutnya pihak Apple Amerika tidak melayani keinginan saya untuk ganti suku cadang sebelum habis masa berlakunya saat saya kembali ke New York nanti karena iPhone saya sudah dibuka oleh dealer tidak resmi. Tapi… kalau tidak dibawa untuk servis masalah sim card baru yang tidak bisa keluar ini maka kartu saya yang sebelumnya akan hangus dan saya harus memberitahukan semua relasi saya dengan nomor baru saya ini.

Mmmmmm….

Tetap dengan sedikit harapan saya coba mencari beberapa video di youtube —- siapa tau ada pencerahan —- untuk solusi saya ini tanpa harus mengutak-atik/membuka iPhone saya.

Akhirnya….

Ada satu video yang akhirnya saya coba.. bisa dilihat di

http://youtu.be/baCL2zFYGCE

Thank you Hank Chen —sok kenal, padahal ga— Gara-gara video kamu saya mencoba praktek dan BERHASIL meski harus mencoba tiga kali sambil baca-baca doa.

Semoga info saya ini bermanfaat untuk pembaca yang lain.

Love,

kei

Advertisements

10 Responses to “Remove Stuck Sim Card iPhone 5s”

  1. Cihuuuyy untung berhasil ya Kei πŸ˜€ . Kamu bakalan jalan2 lagi ke Amrik?

    Like

  2. kak kalau iphone 4 gimana ya???/?kak bantuin ini udh berulang kali gabisa-bisaaa;””””((((((((

    Like

    • Hai Gita, maaf telat respon.. gmn skrg? Dah bs? Udah dicoba teknik yg kaka kasi? Kalo udah dan msh ga bs, mending bawa ke service centre deh, takut malah rusak kalo dikotak-katik kita. Teknik kaka memang berhasil kalo nyangkutnya ga terlalu dalem bgt. Kalo dalem bgt nyangkutnya emang kudu hrs dibuka iPhone-nya say. Semoga membantu yaaa.
      Salam hangat -kei-

      Like

  3. kak tolong banget ini dari tadi dicoba engga bisa-bisaaaa;”””'(((( tolong kak yaampun;””((((((((((((((((((( tolong hub nomor Gita kak 089611024410 pliss kak ini dari tadi dicoba gabisa-bisaaaa;;;”'(((((

    Like

  4. […] bisa bye pisan. Bukan Pamel namanya yang nyerah begitu aja, searching lah di google akhirnya nemu remove stuck sim card nemu lah link tersebut, kemudian aku klik, baca, pelajari, daaaaan bisa. Mari ucapkan […]

    Like

  5. wah berarti masalah sim card nyangkut ini hal umum ya di iphone..

    Like

    • Hai Hengky,
      Kalau menurut saya tidak hanya terjadi di iPhone deh, tapi SEMUA telepon seluler yang SERING GONTA GANTI simcard karena size simcard tidak sama persis jika diperhatikan lebih teliti, ada sedikit selisih per mili senti meter πŸ˜‰

      Like

  6. virna octariska Says:

    ka mau tanya klo iphone 5c tempat sim cardnya itu ga bisa masuk gimna yah?udah di teken” tp ttp ga bisa masuk , kaya ada yg ganjel ..

    Like

  7. Salsabila Says:

    Aku nyoba terus bisaa,thankyou kaa!😁

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: