Raja Ampat, Papua, Indonesia


Indonesia

Keindahan alam Papua bisa dinikmati dengan mengunjungi Raja Ampat. Trip ke Raja Ampat start dari Bandara Eduard Domine Osok (EDO) Sorong.

  • Jika transit di Sorong dulu sebelum ke Raja Ampat, alternatif hotelnya bisa menginap di Hotel Intercity di seberang Bandara EDO Sorong (tarif mulai 200 rb-an). Jika ingin hotel berbintang, Hotel Le Meridien di seberang bandara bisa jadi pilihan (tarif mulai 400 rb an).
Kemudian dari Sorong ke pelabuhan untuk menyeberang ke Pulai Waigeo bisa dilakukan dengan naik ojek dengan tarif 15 rb-an. Tiba di pelabuhan, ada dua alternatif kapal boat untuk menyeberang yang setiap jam 14.00 WIT ke Waisai, Raja Ampat, yaitu :
  • Boat express : 120 rb, perjalanan antara 3 – 4 jam
  • Boat biasa : 100 rb, perjalanan antara 4 – 5 jam
Setelah tiba di Pulau Waigeo, penginapan alternatifnya bisa bisa menginap di Hotel Marasrisen dekat masjid agung Waisai, Raja Ampat, tarif nya mulai 350 rb-an, bisa menghubungi 081355626969 (Haris) atau bisa mencoba hotel dekat pasar yang lbh murah.
Transportasi bisa menggunakan jasa ojek Pak Irman 081248646628 yang mangkal tidak jauh dari masjid agung, atau bisa menumpang mobil pick up yang menuju pusat Waisai untuk segera menuju Pantai Waisai.
Spot – spot Snorkling di Raja Ampat :
  • Pulau Mansuar, bisa mencari Papua Diving jika ingin diving
  • Pulau Paniki, banyak kelelawar (mungkin hal ini yang menyebabkan tidak ada turis di sini)
  • Pulai Waewo, satu daratan dengan Waisai, pusat pemerintahan Raja Ampat. Pasir nya berwarna kekuningan. Di pantai ini terdapat resort bergaya tropis, yang agak mahal. Resort ini punya restoran di dalam hutan.
  • Pulau Saonek, dijadikan lokasi syuting film Mutiara Hitam. Pulau ini tadi nya adalah pusat pemerintahan Raja Ampat sebelum menjadi sebuah kabupaten baru di Papua Barat.
  • Pulau Saonek Monde, pulau tak berpenghuni.
  • Teluk Manyailibit. Sebuah teluk yang sering jadi ikon Raja Ampat selain Wayag dan Mansuar.

Tarif sewa kapal ke Pulau Mansuar dari Waisai 1 juta pp, termasuk BBM.  (kapal kecil dan tanpa life jacket). Untuk Pulau Saonek Monde (masih banyak terumbu), sewa kapal milik nelayan mungkin 200 rb-an, cuma 20 menit dari Waisai.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Kei

One Response to “Raja Ampat, Papua, Indonesia”

  1. […] Topik ini sudah dipindahkan ke : TRAVELLING WITH KEISHINTA  […]

    Like

Leave a comment